CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 08 September 2008

tugas 1: JURNALISTIK, JURNALIS, DAN BLOGGER

JURNALISTIK, JURNALIS, DAN BLOGGER

Jurnalistik atau jurnalisme adalah suatu disiplin/pengetahuan/kegiatam mencari, mengumpulkan, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan berita/pesan (termasuk editing) melalui media massa seperti surat kabar, tabloid, majalah, pamphlet, spanduk, televise, world wide web atau www yang digunakan melalui internet. Jadi jurnalistik berbeda dengan pers maupun media.

Kata jurnalistik berasal dari bahasa Belanda yaitu journalistiek artinya penyiaran catatan harian. Jika kita telusuri dari akar katanya (diurma ‘harian’, Latin ; jour ‘hari’, Perancis), jurnalistik kegiatan membuat laporan harian, mulai dari tahap peliputan sampai penyebarannya. Jurnalistik secara harafiah, jurnalistik (journalistic) artinya adalah kewartawanan atau hal-ihwal pemberitaan. Jurnalistik dibedakan menjadi jurnalistik cetak (print journalism), jurnalistik elektronik (electronic journalism) dan yang berkembang sekarang adalah jurnalistik online (online journalism).

Dalam abad ke-19, jurnalis berarti seseorang yang menulis untuk jurnal. Jurnalis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah wartawan, orang yang pekerjaannya mencari berita. Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang melakukan kegiatan jurnalisme, yaitu orang yang menciptakan laporan sebagai profesi untuk disebarluaskan atau dipublikasikan dalam media massa, seperti surat kabar, majalah, televise, radio, film dokumentasi dan internet. Jurnalis sebenarnya tidak sama dengan reporter karena reporter tidak meliputi kegiatan kegiatan jurnalis lainnya seperti kolumnis, penulis utama, fotografer, dan desain editorial. Seorang jurnalis dituntut agar menulis berita secara objektif.

Blogger adalah adalah penulis online, sama seperti wartawan dan jurnalis atau penulis-penulis buku lainnya, hanya saja media yang digunakan adalah media online bukan media cetak maupun media elektronik. Kebenaran berita di blogger adalah benar menurut yang percaya. Blogger bukannlah penipu dan blog bukanlah tren sesaat.

Jadi pada intinya, perbedaan jurnalistik, jurnalis, dan blogger adalah jurnalistik merupakan kegiatannya, jurnalis adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau jurnalisme baik itu cetak maupun elektronik atau lebih dikenal sebagai wartawan sedangkan blogger adalah seorang jurnalis di media online (jurnalistik online).

Sumber:

http://jurnalistikuinsgd.wordpress.com/2007/04/26/pengantar-ilmu-jurnalistik/

http://id.wikipedia.org/wiki/Wartawan

http://xtremenitro.org/news.php?extend.167.2

Nama : Yoretta Yang Wahyudi

NIM : 915070037

Mata kuliah : Dasar-dasar Jurnalistik

Kelas : FIKOM ( C )

0 komentar: