CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 25 Oktober 2008

Lindungi Tubuh dari Influenza

Belakangan ini cuaca makin tak menentu; hari ini panas terik, besok hujan dan mendung. Ayo, jaga pertahanan tubuh agar tak mudah terserang influenza dengan langkah-langkah sederhana berikut.

1. Cuci tangan
Bila tangan kita bersih, virus pun enggan tinggal. Karena itu ajari seluruh anggota keluarga untuk mencuci tangan mereka setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, juga setelah bersin. Gunakan sabun untuk mencuci tangan selama 15 detik. Jangan lupa minta tolong pada si mbak yang mengasuh si kecil untuk melakukan hal yang sama.

2. Disinfektan
Virus influenza bisa tinggal di sebuah permukaan selama tiga jam. Jadi, jangan cuma membersihkan dengan kemoceng, tapi bersihkan tempat-tempat yang pernah disentuh oleh orang yang sakit dengan disinfektan, misalnya permukaan meja, telepon, keyboard, dan benda lain yang digunakan bersama. Hindari pula minum dari gelas yang sama dengan orang yang sedang sakit flu.

3. Vaksin
Vaksin flu memang kurang populer di Indonesia, tapi Anda tetap bisa mendapatkannya di rumah sakit. Di luar negeri, selama musim flu, anak-anak wajib mendapat vaksin flu. Karena anak-anak lebih rentan terhadap flu, mungkin Anda bisa menghindari daycare atau sekolah TK agar tidak tertular.

4. Jauhi perokok
Anak-anak yang berada di lingkungan perokok rentan terkena penyakit pernapasan dan lebih mudah terserang flu. Selain itu, anak-anak yang jadi perokok pasif juga lebih lama sembuh dari flu bila dibandingkan dengan anak-anak yang hidup di lingkungan sehat.

5. Tutup mulut
Untuk menghindari penularan bakteri dan virus, ajari si kecil untuk menutup mulut mereka dengan sapu tangan atau tisu saat bersih atau batuk. Bila menggunakan tisu, segera buang setelah dipakai.

6. Jangan terpapar
Lindungi anak-anak Anda dengan menjauhkan mereka dari orang-orang yang sedang sakit flu. Bila si kecil yang sakit, mintalah mereka untuk sementara bermain di dalam rumah dulu.

7. Jaga kebugaran
Sistem kekebalan tubuh yang baik sangat tergantung pada tubuh yang sehat. Karena itu jagalah kebugaran tubuh dengan olahraga dan makanan bergizi. Usahakan agar bayi tetap mendapat ASI dalam waktu yang lama karena antibodi yang terkandung dalam ASI bisa melindungi si kecil dari virus dan bakteri.

AN
Sumber : babycenter
www.kompas.com

0 komentar: